Rabu, 25 Februari 2015

Fenomena Syekhermania

Sikampuh (25/2)- Akhir-akhir ini tiap kali mudik di akhir pekan sering terdengar alunan shalawat dari masjid sekitar rumah di iringi nyaringnya hadroh. Selidik punya selidik ternyata para remaja sekitar lagi ngramein malam minggu dengan "isro". Tidak hanya remaja sekitar rumah, tapi remaja lain grumbul dan bahkan lain desa ikutan juga. Rame banget pokoknya lah...!!!

Ternyata, fenomena ini mulai muncul sejak adanya komunitas SYEKHERMANIA melanda Cilacap dan sekitarnya. Komunitas ini merupakan kumpulan para pecinta Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf. Komunitas yang sudah mempunyai anggota jutaan ini mempunyai misi untuk memasyarakatkan shalawat dan menyatukan umat Islam dengan shalawat. Hal ini terlihat seperti pada saat Habib Syekh menggetarkan Kroya beberapa waktu yang lalu. Ratusan ribu pengunjung dari berbagai daerah ikut memeriahkan acara tersebut.

 Dampak dari hadirnya Habib Syekh ternyata sangat luar biasa terhadap generasi muda yang ada di Kroya dan sekitarnya. Banyak bermunculan grup hadroh dari masing wilayah. Di Sikampuh saja misalnya ada 7 grup hadroh yang rutin berlatih. Dari yang biasanya malam minggu masjid sangat sepi, sekarang jadi sangat ramai dengan adanya isro. Tidak hanya di Sikampuh saja, di desa yang lainnya pun tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Sikampuh. Adanya kegiatan-kegiatan yang positif seperti itu mendapat apresiasi yang sangat positif dari masyarakat dan para orang tua. Mereka sangat mendukung terhadap kegiatan mereka bahkan mendorong untuk melestarikannya. Melihat antusiasme yang sangat besar tersebut, beberapa kali diadakan festival hadroh dengan hadiah yang lumayan menggiurkan.

0 komentar:

Posting Komentar