Kamis, 03 Agustus 2017

Mustahil Maju Tanpa Ada Perubahan




Suatu malam, saya membuka hp karena ada bunyi dari hp. Ternyata sebuah pesan dari seorang teman melalui BBM. Saya buka pesan tersebut dan saya balas pesannya. Setelah itu, tanpa sengaja saya melihat ada salah satu DP (display picture) pada salah satu akun milik teman say yang menarik mata saya. Dalam DP tersebut, ada sebuah gambar yang menjadi latar belakang sebuah tulisan. Yang menarik mata saya adalah tulisannya, bukan gambar tersebut. Lalu, apa tulisannya koq sampai bikin mata jadi penasaran untuk melihat dan meresapinya? Tulisan tersebut berbunyi “Mustahil Akan Ada Kemajuan Tanpa Perubahan. Orang Yang Tak Bisa Mengubah Pikiran Mereka, Tak Bisa Mengubah Apapun”. Saya pandangi tulisan tersebut sambil dalam hati, “betul sekali...persis seperti yang terjadi di lingkungan yang saya tempati”.
         Banyak orang yang menginginkan kemajuan, tetapi banyak diantara mereka yang tidak mau berubah. Artinya mereka hanya bercita -  cita dan berharap untuk mendapatkan peningkatan, tapi mereka melakukan seperti yang sudah mereka lakukan seperti biasanya. Sebuah institusi berharap akan meningkat kualitasnya, akan tetapi sistem dan kebiasaan yang mendarah daging yang ternyata tidak memberikan dampak peningkatan kualitas masih tetap digunakan tanpa ada perubahan akan terlihat jelas bahwa hasil yang diharapkan hanya impian belaka.
         Jika hari ini sama dengan hari kemaren, berari termasuk orang yang tidak peduli terhadap perkembangan dan perubahan diri sendiri. Jika hari ini lebih buruk dari hari kemaren, berarti termasuk orang yang mendapatkan kerugian besar, akan tetapi jika hari ini lebih baik (positif) dari hari kemaren, maka termasuk dari kategori orang-orang yang sangat beruntung.
         Orang yang sama sekali tidak mengubah pikiran mereka maka tidak bisa mengubah apa-apa. Artinya, fungsi, peran dan posisi pikiran sangatlah sentral. Pikiran menjadi arus utama yang harus difokuskan dan dibimbing agar membentuk pola pikir yang dinamis, sehingga kemauan untuk maju dan berubah mengakar kuat di dalamnya. Berpikirlah untuk maju dan terus maju. Berkaitan dengan hal tersebut, kesadaran dan kritis juga sangat memiliki fungsi penting. Kritis yang dimaksud adalah bagaimana memiliki suatu kepekaan terhadap suatu perubahan dalam hidup. Jangan membayangkan adanya perubahan, jika untuk kritis terhadap diri sendiri saja belum mampu melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar